Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-32 tingkat Kabupaten Aceh Tengah di Kecamatan Ketol berakhir

Kategori : Musabaqah Jumat, 14 Oktober 2016

DSI AT - Penyelenggaraan Musabawah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-32 tingkat Kabupaten Aceh Tengah di Kecamatan Ketol,  setelah dimulai sejak tanggal 10 Oktober 2016, pada hari ini jum’at tanggal 14 oktober 2016 merupakan puncak/akhir penyelenggaran MTQ ke-32 tingkat Kabupaten Aceh Tengah di Kecamatan Ketol.

Maimun, ST (Camat Ketol) selaku Panitia, menyebutkan selama pelaksanaan MTQ pihaknya telah berupaya untuk mempersiapkan kebutuhan kafilah, baik pemondokan maupun sarana musabaqah. "Kami bersyukur tidak ada kendala selama pelaksanaan MTQ dan kami harapkan seluruh kafilah merasa berkesan selama tinggal di Kecamatan Ketol.

Kata Maimun, ST (Camat Ketol) suksesnya perhelatan akbar dua tahunan tidak terlepas dari peran dan dukungan semua pihak, baik Pemkab Aceh Tengah, Dinas Syari’at Islam dan jajaran instansi terkait maupun masyarakat Kecamatan Ketol sebagai tuan rumah. Namun demikian kekurangan dan ketidaksempurnaan pada beberapa hal sudah pasti ada, seperti kendala teknis di lapangan dan hal-hal lain yang mungkin luput dari pantauan panitia. Kepada seluruh kafilah dan kontingen, kami mohon maaf jika ada kekurangan dari pelayanan panitia, pihaknya juga meminta maaf bila dalam penyelenggaraan MTQ ada kekurangan sehingga membuat keadaan kafilah peserta MTQ merasa kurang nyaman. Dia berharap, berakhirnya MTQ di Kecamatan Ketol tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk mencintai Alquran, justru semakin meningkatkan kebiasaan masyarakat membaca dan memahami Alquran. Berakhirnya MTQ hari ini, semoga cita-cita kita untuk menggemakan Alquran di bumi Aceh Tengah dapat terwujud. Di akhir pembicaraannya, Mainun, ST mengatakan Kecamatan Ketol akan siap kembali untuk menjadi penyelenggara MTQ ke-33 dengan catatan apabila kecamatan lain tidak mau “ungkapnya dengan nada becanda’.

Sementara Ketua Umum LPTQ Kabupaten Aceh Tengah yang di wakili oleh Drs. H. Alam Syuhada, MM menyebutkan, penyelenggaraan MTQ di Kecamatan Ketol secara keseluruhan telah berjalan dengan baik, meski masih ada celah yang harus ditingkatkan dan menjadi catatan pada penyelenggaraan MTQ selanjutnya pada 2018 mendatang.

Bupati Aceh Tengah Ir. H. Nasaruddin, MM disela penutupan MTQ menyebutkan pelaksanaan MTQ akan terus dievaluasi untuk meningkatkan even akbar tingkat Kabupaten tersebut lebih baik dimasa depan. Menurutnya pelaksanaan MTQ harus berdampak kepada suasana kehidupan masyarakat yang berpedoman kepada Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. "Jadi bukan sekedar musabaqah atau dilombakan, pemahaman terhadap Al-Qur'an harus dirasakan dan menjadi bagian utama dalam kehidupan masyarakat.

Di akhir pembicaraannya Bupati Aceh Tengah Ir. H. Nasaruddin, MM mengatakan MTQ yang telah berlangsung selama 5 hari sejak tanggal 10 s/d 14 oktober 2016 di Kecamatan Ketol pada hari ini Jum’at tanggal 14 Oktober 2016 “Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-32 tingkat Kabupaten Aceh Tengah di Kecamatan Ketol resmi di tutup”.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32