Uraian Jabatan
Ditulis oleh hermansp26, pada Jumat, 04 November 2016
1. Nama Jabatan : Kepala Dinas Syari’at Islam
  Eselon : II.b
  Rumusan Tugas : Memimpin Dinas Syari’at dalam pelaksanaan kegiatan dibidang Dakwah dan Peribadatan, pengembangan Sumber Daya Syari’at Islam dan Bina Hukum Syari’at Islam sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas pokok Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengawasi penyusunan kebijakan umum daerah dibidang dibidang Dakwah dan Peribadatan, pengembangan Sumber Daya Syari’at Islam dan Bina Hukum Syari’at Islam sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;
  7. Menetapkan kebijakan tekhnis dibidang Dakwah dan Peribadatan, pengembangan Sumber Daya Syari’at Islam dan Bina Hukum Syari’at Islam didaerah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  8. Melakukakn koordinasi kegiatan dengan instansi terkait baik di pusat maupun di provinsi sesuai ketentuan yang berlaku dalam rangka sinkronisasi pelaksanaan tugas;
  9. Menandatangani dan memaraf naskah dinas sesuai dengan tugas dan kewenangannya dalam rangka tertib administrasi;
  10. Mengendalikan usulan anggaran berdasarkan kebutuhan unit kerja untuk mendukung pelaksanaan kegiatan;
  11. Mengatur pelaksanaan kegiatan baik secara langsung maupun melalui laporan dalam rangka pencapaian sasaran yang telah ditetapkan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  13. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

2. Nama Jabatan : Sekretaris
  Eselon : III.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Sekretariat dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas pokok Dinas Syari’at Islam Kab. Aceh Tengah.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengkoordinir pendistribusian surat masuk dan surat keluar sesuai permasalahannya agar penyampaian ketujuan tepat waktu;
  7. Mengkoordinasikan kegiatan pelayanan administrasi ketatausahaan sesuai kebutuhan unit kerja agar kegiatan pokok dapat berjalan dengan lancar;
  8. Mengawasi pelaksanaan kegiatan perencanaan keuangan, kepegawaian, organisasi dan tatalaksana serta hukum dan hubungan masyarakat sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  9. Mengkoordinir kegiatan penyusunan program dan laporan Dinas berdasarkan masukan dari unit kerja agar tercapai sasaran yang telah ditentukan;
  10. Mengawasi pelaksanaan kegiatan analisis jabatan, AKIP dan perjalanan dinas serta perlengkapan sesuai dengan ketentuan dalam rangka peningkatan kinerja dan penguatan kapasitas kelembagaan;
  11. Memaraf naskah dinas keluar dalam kapasitas kebenaran format dan bentuknya untuk tertibnya administrasi;
  12. Mengatur kegiatan monitoring dan evaluasi baik langsung maupun laporan untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya;
  13. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
   14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
   15. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

2.1 Nama Jabatan : Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  Eselon : IV.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dalam pelaksanaan kegiatan teknis administrasi sesuai peraturan yang berlaku untuk mendukung tugas pokok Sekretariat Dinas Syari’at Islam Kabupaten Aceh Tengah.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengelola kegiatan pendistribusian surat masuk dan surat keluar sesuai dengan permasalahannya agar penyampaian ke tujuan tepat waktu;
  7. Mengkoordinir kegiatan penataan kearsipan dan perjalanan dinas sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
  8. Mengelola kegiatan rumah tangga, perlengkapan kantor dan rapat dinas sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan untuk mendukung pelaksanaan tugas;
  9. Mengkoordinir penyiapan bahan dan data yang berhubungan dengan kenaikan pangkat, gaji berkala dan daftar urut kepangkatan untuk peningkatan kesejahteraan pegawai;
  10. Mengelola kegiatan pemantauan kehadiran pegawai melalui evaluasi daftar hadir secara berkala dalam rangka peningkatan disiplin PNS;
  11. Mengkoordinir penyiapan dan pengusulan karpeg, karis, Karsu, Taspen dan kartu Askes serta penyampaian DP3 sesuai ketentuan dan kebutuhan untuk kelengkapan administrasi;
  12. Mengelola kegiatan ketatalaksanaan yang meliputi analisa jabatan, AKIP sesuai dengan ketentuan dalam rangka penguatan kapasitas kelembagaa;
  13. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
   14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
   15. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

2.2 Nama Jabatan : Kepala Sub Bagian Keuangan
  Eselon : IV.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Sub Bagian Keuangan dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas pokok Sekretariat Dinas Syari’at Islam Kabupaten Aceh Tengah.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengkoordinir kegiatan pembukuan sesuai dengan ketentuan dalam rangka tertibnya administrasi;
  7. Mengelola kegiatan Verifikasi sesuai dengan dokumen anggaran untuk menghindari terjadinya penyimpangan;
  8. Mengkoordinir kegiatan pertanggung jawaban, pengamanan dokumen dan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan ketentuan untuk pelaksanaan kelancaran tugas;
  9. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  10. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  11. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.
  13. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

2.3 Nama Jabatan : Kepala Sub Bagian Perencanaan
  Eselon : IV.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Sub Bagian Perencanaan dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas pokok Sekretariat Dinas Syari’at Islam Kabupaten Aceh Tengah.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengkoordinir kegiatan pengumpulan bahan dan data berdasarkan masukan unit kerja dalam rangka penyusunan program dinas;
  7. Mengelola kegiatan penyusunan program berdasarkan bahan dan data untuk perwujudan sasaran sebagaimana yang telah ditetapkan;
  8. Melakukan pemantauan secara berkala untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya;
  9. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  10. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  11. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

3. Nama Jabatan : Kepala Bidang Dakwah dan Peribadatan
  Eselon : III.b
  Rumusan Tugas : Memimpin Bidang Dakwah dan Peribadatan dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas pokok Dinas Syari’at Islam Kabupaten Aceh Tengah.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengawasi kegiatan pelaksanaan fasilitasi sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan dalam rangka penyelenggaraan kegiatan dakwah, peribadatan dan syi’ar Islam;
  7. Mengendalikan kegiatan penataan dan pengelolaan bantuan sarana peribadatan berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. Mengatur kegiatan pemberdayaan pranata keagamaan melalui bimbingan teknis, work shop dan sosialisasi dalam rangka peningkatan bidang dakwah dan peribadatan;
  9. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  10. Mengatur kegiatan, monitoring dan evaluasi baik langsung maupun melalui laporan untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  12. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

3.1 Nama Jabatan : Kepala Seksi Dakwah dan Syi’ar
  Eselon : IV.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Seksi Dakwah dan Syi’ar dalam pelaksanaan fasilitasi kegiatan dakwah, peribadatan dan syi’ar Islam sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas Pokok Bidang Dakwah dan Peribadatan.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengkoordinir kegiatan pelaksanaan fasilitasi berdasarkan ketentuan yang berlaku dalam rangka peningkatan kegiatan dakwah, peribadatan dan syi’ar Islam;
  7. Mengelola kegiatan dakwah, peribadatan dan syi’ar Islam sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas;
  8. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  9. Melaksanakan pemantauan secara berkala untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  11. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

3.2 Nama Jabatan : Kepala Seksi Penataan Sarana Peribadatan
  Eselon : IV.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Seksi Penataan Sarana Peribadatan dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas Pokok Bidang Dakwah dan Peribadatan.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengkoordinir kegiatan penataan bantuan sarana peribadatan sesuai ketentuan yang berlaku dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  7. Mengelola bantuan sarana peribadatan berdasarkan petunjuk dan kebutuhan dalam rangka peningkatan kuantitas dan kualitas sarana peribadatan;
  8. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  9. Melaksanakan pemantauan secara berkala untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  11. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

4. Nama Jabatan : Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Syari’at Islam
  Eselon : III.b
  Rumusan Tugas : Memimpin Bidang Pengembangan Sumber Daya Syari’at Islam dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas pokok Dinas Syari’at Islam Kabupaten Aceh Tengah.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengawasi kegiatan penyiapan sumber daya yang berhubungan dengan tenaga keagamaan dalam rangka peningkatan penerapan syari’at islam;
  7. Mengendalikan kegiatan pengembangan materi dan wawasan yang meliputi pengetahuan tentang pelaksanaan syari’at islam untuk dijadikan sebagai bahan pelatihan;
  8. Mengkoordinir kegiatan pelatihan tenaga da’i dan Pembina lembaga keagamaan melalui bimbingan teknis, work shop, sosialisasi dan penyuluhan dalam rangka peningkatan kemampuan sumber daya manusia;
  9. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  10. Mengatur kegiatan monitoring dan evaluasi baik langsung maupun melalui laporan untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  12. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

4.1 Nama Jabatan : Kepala Seksi Pembinaan Sumber Daya Lembaga dan Tenaga Keagamaan
  Eselon : IV.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Seksi Pembinaan Sumber Daya Lembaga dan Tenaga Keagamaan dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan sumber daya tenaga pembina keagamaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas pokok Bidang Pengembangan Sumber Daya Syar’at Islam.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengkoordinir kegiatan penyiapan dan peningkatan kemampuan sumber daya tenaga pembina keagamaan melalui pembinaan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  7. Mengelola kegiatan pembinaan melalui bimbingan teknis, work shop, sosialisasi dan penyuluhan dalam rangka peningkatan kemampuan sumber daya manusia terhadap lembaga dan tenaga keagamaan;
  8. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  9. Melaksanakan pemantauan secara berkala untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  11. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

4.2 Nama Jabatan : Kepala Seksi Pengembangan Mutu Wawasan Syari’at Islam
  Eselon : IV.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Seksi Pengembangan Mutu Wawasan Syari’at Islam dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas pokok Bidang Bidang Pengembangan Sumber Daya Syari’at Islam.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengkoordinir kegiatan penyusunan materi, modul dan kurikulum sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  7. Mengelola kegiatan penyusunan modul, materi dan kurikulum yang berhubungan dengan pengembangan mutu dalam rangka pembekalan pelaksanaan syari’at Islam;
  8. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  10. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

5. Nama Jabatan : Kepala Bidang Bina Hukum Syari’at Islam
  Eselon : III.b
  Rumusan Tugas : Memimpin Bidang Bina Hukum Syari’at Islam dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas Pokok Dinas Syari’at Islam Kabupaten Aceh Tengah.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengendalikan kegiatan penyiapan rancangan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan pelaksanaan syari’at islam sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  7. Mengawasi kegiatan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam rangka pelaksanaan syari’at islam;
  8. Mengatur kegiatan fasilitasi penyelesaian sengketa hukum syari’at islam berdasarkan ketentuan dan kebutuhan untuk optimalisasi pelaksanaan tugas;
  9. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  10. Mengatur kegiatan monitoring dan evaluasi baik langsung maupun melalui laporan untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  12. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan penyusunan program selanjutnya.

 

5.1 Nama Jabatan : Kepala Seksi Penyuluhan Syari’at Islam dan Hukum
  Eselon : IV.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Seksi Penyuluhan Syari’at Islam dan Hukum dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas Pokok Bidang Bina Hukum Syari’at Islam.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengkoordinir kegiatan pembinaan melalui penyuluhan dan fasilitasi penyelesaian sengketa hukum untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  7. Mengelola kegiatan penyuluhan dan fasilitasi penyelesaian sengketa hukum sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku dalam rangka peningkatan pelaksanaan syari’at islam;
  8. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  10. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

5.2 Nama Jabatan : Kepala Seksi Sarana Peradilan
  Eselon : IV.a
  Rumusan Tugas : Memimpin Seksi Sarana Peradilan dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mendukung kelancaran tugas Pokok Bidang Bina Hukum Syari’at Islam.
  Uraian Tugas :  
  1. Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang masing-masing agar memahami tugasnya;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar;
  4. Mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan bawahan dan mengecek hasilnya secara langsung atau melalui laporan untuk mengetahui kelancaran dan hambatan yang terjadi;
  5. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja dan pengembangan karier;
  6. Mengelola kegiatan pengumpulan bahan sesuai dengan ketentuan dalam rangka penyusunan rencana dan penyiapan sarana peradilan;
  7. Mengelola kegiatan perencanaan dan penyiapan sarana peradilan berdasarkan ketentuan dan kebutuhan dalam rangka peningkatan bidang bina hukum syari’at islam;
  8. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan;
  9. Melaksanakan pemantauan secara berkala untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan mencari alternatif pemecahannya;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai instruksi atasan agar tugas terbagi habis;
  11. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program selanjutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32